www.jamuperkututlarasati.com

reg: 327462

 
 
 
 
 
 
 
 

PERKUTUT

Pemeliharaan Kandang


Pemeliharaan perkutut diantaranya meliputi pemeriksaan kondisi kandang, kebersihan perlengkapan yang terdapat didalamnya, juga kontrol dari jumlah dan kualitas pakan yang tersedia, dan yang terakhir adalah pemeriksaan kesehatan perkutut. Hal-hal tersebut diatas sebaiknya dilakukan setiap hari. Perlu diingat kondisi yang ideal bagi sangkar perkutut adalah 20° - 28° C, jadi janganlah terlalu lama untuk menjemur perkutut anda.

Memandikan


Untuk memandikan burung kesayangan kita sebaiknya dilakukan pada pukul 07.00 pagi pada saat cuaca cerah, dan segera batalkan maksud untuk memandikan apabila cuaca terlihat mendung. Cara memandikan perkututpun sebaiknya hati-hati, untuk pertama-tama sediakan baskom yang cukup lebar berisi air, cegah agar perkutut tidak berontak. Untuk memandikannya peganglah kaki perkutut dengan jari-jari tangan dan sanggahlah dengan ibu jari kepala burung perkutut tersebut. Celupkanlah perkutut sampai sebatas leher. Buka lebar sayapnya dan gosoklah dengan hati-hati. Dan untuk bagian kepala usaplah secara perlahan beberapa kali. Hentikanlah bila dirasa cukup.

Makanan


Berikan makanan perkutut yang baik dan terjamin kualitasnya. Setiap harinya jumlah makanan yang diberikan usahakanlah sekitar 10% dari berat perkutut yang anda miliki.

 

 
   
 

MERPATI

Pemeliharaan


Pembuatan kandang dari merpati sebaiknya memilih tempat yang bersih dan jauh dari pencemaran udara, dan tentu saja harus mudah dibersihkan, sinar matahari yang masukpun harus cukup, sirkulasi udarapun haruslah baik. Dan jangan lupa memberikan tempat bagi tempat pakan dan minum, dan khusus merpati ini berilah tempat untuk dia bertelur dan mengeram.

Burung yang biasa terbang jauh sebaiknya kondisi dijaga agar tetap dalam kondisi prima. Bila anda ingin memiliki burung juara pilihlah burung yang benar - benar dewasa untuk menjaga merpati dalam kondisi siap tanding.

Makanan


10 hari setelah telur menetas, merpati kecil akan banyak mengkonsumsi protein dan lemak yang berasal dari susu tembolok, dan pertumbuhannya akan cepat dengan memakan makanan yang disuapi induknya.Kemudian setelah agak dewasa dan dapat memakan sendiri, pakan yang sering digunakan untuk merpati balap ini adalah jagung dengan campuran-campurannya seperti gabah kacang hijau dan lainnya. Untuk meningkatkan tenaganya janganlah lupa memberikan pakan berupa jamu dan vitamin yang berkualitas sebagai tambahan bagi burung merpati anda.

 

 
   
 
AYAM

Pemeliharaan

Dilakukan dengan cara memberikan pakan yang bergizi, memandikan ayam setiap hari, dan menjemurnya. Untuk menjaga kesehatan ayam, setiap hari kandang ayam dibersihkan dari kotoran dan usahakan setiap pagi terkena sinar matahari, agar ayam selalu sehat.

Kegiatan ini adalah perawatan rutin yang dilakukan setiap hari.


Pemberian suplemen

Ayam juga memerlukan suplemen tambahan untuk meningkatkan vitalitas dan staminanya. Suplemen tambahan ini berupa jamu yang diproduksi oleh kami yaitu jamu ayam sabung.

 

 
 
Semoga Tips ini membantu (red)
 
 
copyright © Tree 2008